August 8, 2008

Marked by Behaviour


Banyak orang mengetahui tentang hakekat kehidupan, semua sependapat bahwa inti dari intelektualitas, spiritualitas dan kawan-kawannya itu adalah pada “perbuatan”.

Tapi... apa cukup sampai hanya pada tingakatan “tahu”???

Bangga pada diri sendiri karena merasa tahu, mengiklankan dirinya yang merasa tau, bahkan mengkuliahi orang-orang di sekitarnya yang dirasanya kurang tahu.

Apa dia benar tahu???

Seseorang yang benar-benar “tahu”akan memaknai hidup dengan tidak mendoktrin sesamanya, ia akan mundur dari ketegangan syaraf, memancarkan kedamaian, mendinginkan kepala, dan bertapa dalam keheningan Yang Esa.

Seseorang yang tahu memaknai hidup, dia tenang, dia mengerti bahwa setiap jengkal tindakannya adalah misi dari kehidupan yang nyata.

Seseorang yang tahu memaknai hidup tidak panas telinganya mendengar nasihat orang fasik, ia seorang “absorber”. Mampu menyerap kemarahan orang lain, menyerap segala ketamakan duniawi dan meleburkannya menjadi energi yang lebih bermanfaat bagi bumi.

Sesungguhnya kita semua belum tahu, tapi ada jalan terbaik untuk dapat tahu dan paham. Sadari tiap gerakan, sadari tiap perkataan, karena manusia dikenali dari perbuatan. Satuhu hayu kang rahayu ing bumi.

Mahendraswari ©080808

No comments: